Kamis, 15 November 2018

Negara Kesatuan Republik Indonesia

A. Negara Kesatuan Republik Indonesia
1. Lagu “Indonesia Raya” yang diciptakan oleh W. R. Soepratman.
2. Rodi adalah kerja paksa yang dilakukan pada zaman penjajahan Belanda.
3. Semboyan Gerakan Tiga A diungkapkan Jepang yang artinya ”Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, dan Jepang Pemimpin Asia.”
4. Kerja paksa yang dilakukan oleh penjajah Jepang dikenal dengan istilah romusha atau serdadu ekonomi.
5. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945.
6. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan sumber hukum bagi pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
7. Adapun cita-cita bangsa dan tujuan negara adalah membentuk masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia ditandai dengan Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Menurut UUD 1945 Pasal 1 Ayat. Indonesia adalah negara yang berdasar atas hukum.  Bahwa negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik.
Sistem pemerintahan pada negara yang berbentuk republik dijalankan oleh Presiden. Presiden adalah penyelenggara pemerintahan negara yang tertinggi setelah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
Negara adalah: Suatu wilayah yang dihuni oleh sekelompok masyarakat berjumlah besar di mana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan dan mendapatkan pengakuan dari negara lain.

Pemerintahan yang berdaulat berarti; lembaga tersebut diakui oleh masyarakat, memiliki wewenang penuh dan mampu menegakkan hukum di negara tersebut.
Berdaulat ke luar berarti pemerintahan tersebut sama kedudukannya dan sederajat dengan pemerintahan negara lain sehingga dapat menjalin kerjasama yang baik.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Bayangkan, luas lautan Indonesia bahkan lebih luas daripada daratan. Indonesia memiliki sebutan lain yaitu nusantara. Nusantara bisa berarti kepulauan. Pulau di Indonesia kira-kira berjumlah 17.508 pulau. Sedangkan pulau yang dihuni kira-kira berjumlah 13.700 pulau.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua. Benua Asia dan Benua Australia. Indonesia pun berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Secara astronomi Indonesia terletak pada 6 derajat Lintang Utara (LU) – 11 derajat Lintang Selatan (LS) dan 95 derajat Bujur Timur (BT) – 141 derajat BT. Indonesia dikelilingi oleh Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, Laut Pasifik di bagian utara, dan Laut India di bagian selatan dan barat.
Indonesia dilalui garis lintang 0 derajat yang dikenal sebagai garis khatulistiwa (equator). Kota di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa adalah Pontianak, Kalimantan Barat.


B. Wilayah laut atau perairan laut Indonesia dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan Konversi Hukum Laut Internasional tahun 1982, yaitu:
1. Batas laut teritorial. Diukur dari 12 mil terluar sebuah pulau ke laut bebas.
2. Batas laut kontinen sebuah negara diukur dari jarak paling jauh 200 mil dari garis dasar ke laut bebas.
3. Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) ditarik dari titik terluar pantai sebuah pulau yaitu sejauh 200 mil.

C. Menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia
1. Ancaman Terhadap Keutuhan Negara Republik Indonesia
Ancaman terhadap keutuhan negara bisa datang dari luar dan dari dalam.

Ancaman yang datang dari luar, contohnya:
1. kasus Sipadan dan Ligitan. Malaysia, negara tetangga kita mengklaim bahwa kedua pulau di dekat Kalimantan tersebut adalah milik mereka. Setelah melalui jalur diplomatik akhirnya Sipadan dan Ligitan terlepas dari Indonesia.
2. Kelakuan negara tetangga yang lain seperti Singapura. Mereka mengeruk dan membeli banyak pasir dari Sumatera untuk menambah luas wilayah negara kecil tersebut. Kasus ini menjadi bukti ancaman dari pihak luar.

Ancaman dari dalam, contohnya:
1. Kasus ketidakadilan yang dirasakan masyarakat Papua misalnya bisa menjadi contoh ancaman dari dalam negeri sendiri.
2. Separatisme atau keinginan memisahkan diri dari negara kesatuan Republik Indonesia jika tidak diketahui akar permasalahannya dan ditanggani secepatnya akan membuat keutuhan negara Republik Indonesia terancam.

D. Upaya Menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia
Semboyan kita bangsa Indonesia adalah "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu, dan "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh."
1. Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah alat pertahanan negara yang bertugas menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia dari ancaman pihak luar.
TNI Angkatan Darat, berwenang menjaga batas wilayah darat Republik Indonesia.
TNI Angkatan Udara, berwenang menjaga wilayah udara negara.
TNI Angkatan Laut juga berwenang menjaga wilayah laut negara kesatuan Republik Indonesia.
2. Perilaku Warga negara dalam Menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia
yaitu:
1. saling menghormati dan menghargai perbedaan di antara segenap masyarakat.
2. Dengan sikap ringan tangan, selalu rajin menolong bagi yang membutuhkan uluran tangan kita.
3. Bersikap arif dan bijaksana dalam memandang suatu masalah yang terjadi ditengah masyarakat, bangsa dan negara kita. Jika ada masalah, selalu bermusyawarah dan mencari kata mufakat
4. Berteman dengan semua orang tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama, kondisi sosial ekonomi serta pendidikannya
5. Mendukung upaya pemerintah dalam mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia
6. Belajar dan bekerja, atau berkarya dengan jujur dan bersungguhsungguh sehingga masa depan Indonesia bisa bertambah baik
7. Memperingati hari-hari besar negara seperti hari kemerdekaan, sumpah pemuda dan lain-lain dengan hati senang
8. Bersikap adil pada semua temanmu, dan senantiasa membantu jika ada teman yang membutuhkan (meski berbeda suku atau agama)
9. Merasa bangga akan suku bangsa sendiri. Akan tetapi, tidak boleh merendahkan suku bangsa lain. Janganlah membeda-bedakan suku sehingga perbedaan tersebut dijadikan sebagai alasan untuk tidak bersatu.
10. Wajib menjunjung tinggi adat istiadat sendiri. Akan tetapi, jangan sampai memandang rendah adat istiadat orang lain.
11. Bersikap saling menghormati dan menghargai antarumat beragama. Sikap kita jangan sampai menyinggung perasaan umat agama lain.
12. Mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dalam berkomunikasi. Terutama berkomunikasi dengan orang yang berbeda suku bangsa.
13. Jauhkan diri kita dari permusuhan dengan siapa pun.
14. Menjalin silaturahmi dengan kerabat, tetangga, dan orang-orang yang dekat dengan keluarga kita.
15. Cintailah barang-barang buatan dalam negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ppt bahasa inggris

Media pembelajaran.ppt.bhs inggris sd from dry1